Repo Mhs ULM

PERSEPSI DISKRIMINASI DAN KEADILAN INTERAKSINAL DI TEMPAT KERJA (Studi Fenomenologi pada Perusahaan X di Kalimantan Tengah)

Show simple item record

dc.contributor.author Maya Amalia
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:04:59Z
dc.date.available 2023-09-21T08:04:59Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40652
dc.description.abstract ABSTRAK Maya Amalia, 1920318320036. Persepsi Diskriminasi dan Keadilan Interaksional di Tempat Kerja (Studi Fenomenologi pada Perusahaan X di Kalimantan Tengah (dibimbing oleh Laila Refiana Said, S.Psi., M.Si.,Ph.D) Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk, dampak dan kondisi diskriminasi pekerja yang terjadi pada perusahan X di Kota Kalimantan Tengah apabila ditinjau dari teori ketidakadilan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk memberikan gambaran terkait diskriminasi dan ingin mengetahui mengapa perilaku diskriminatif masih terjadi di dalam perusahaan, selain itu mengetahui bagaimana keadilan kondisi diskriminasi yang terjadi di perusahaan X apabila ditinjau dari keadilan interaksional. Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut, maka digunakan metode deskriptif, metode statistik deskriptif kualitatif dengan bantuan sistem komputerisasi (Aplikasi ATLAS.ti) dengan cara melakukan pengkodean dan analisis terhadap objek yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis atas wawancara terhadap informan, menunjukkan bahwa informan I- V merasakan adanya tindak diskriminasi dalam lingkungan kerjanya dalam beberapa bentuk. Bentuk pertama adalah tidak adanya pelatihan bagi pekerja. Tidak adanya pelatihan yang adil menyebabkan tidak baiknya sistem promosi jabatan. Dengan tidak adanya promosi jabatan, b]erakibat dengan tidak adanya kenaikan gajih. Dengan tidak adanya pelatihan, juga membuktikan bahwa bentuk ketidakadilan ini tidak adanya netralitas, dan bentuk diskriminasi berbasis etnis, sehingga mengakibatkan kekecewaan dari informan I-V terkait hal ini. Walaupun ada kepercayaan dan reward/ penghargaan dari perusahaan, tapi karyawan tetap mengharap reward tersebut lebih baik dalam bentuk gaji, pencarian solusi sudah dilakukan terkait hal ini, namun pihak perusahaan tidak memberikan jawaban atas solusi tersebut. Kata kunci : diskriminasi, bentuk diskriminasi, dampak diskriminasi, teori keadilan
dc.title PERSEPSI DISKRIMINASI DAN KEADILAN INTERAKSINAL DI TEMPAT KERJA (Studi Fenomenologi pada Perusahaan X di Kalimantan Tengah)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account