Repo Mhs ULM

Hubungan Pengetahuan, Persepsi dan Sikap terhadap Perilaku Penerapan K3 (Studi Observasional Analitik pada Perawat di Rumah Sakit Umum Syifa Medika Banjarbaru) 

Show simple item record

dc.contributor.author Devi Damayanti
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:07:50Z
dc.date.available 2023-09-21T08:07:50Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40679
dc.description.abstract Persentase kecelakaan kerja dan PAK di rumah sakit sedikit lebih tinggi dibandingkan pada sektor kerja lainnya berdasarkan Biro Statistik Ketenagakerjaan dan Konsil Nasional Asuransi Amerika. Berdasarkan data Riskesdas 2018 terdapat 9,2% kasus kecelakaan kerja terjadi di RS. Tidak terkecuali pada RSU Syifa Medika Banjarbaru juga pernah jerjadi kecelakan kerja ringan. Hasil wawancara dengan perawat instalasi UGD diketahui bahwa kecelakaan kerja ringan yang memungkinkan terjadi adalah tergores ketika membuka tutup ampul, umumnya kepala perawat langsung mengingatkan perawat untuk berhati-hati atau dapat menggunakan kain ketika membukanya. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis purposive sampling dengan rumus finite population (populasi diketahui) sehingga dihasilkan sebanyak 53 sampel. Analisis data yang digunakan yaitu uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki p-value = 1,000 variabel persepsi dengan p-value = 0,010 dan variabel sikap dengan p-value = 0,092. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara persepsi dengan perilaku penerapan K3 pada perawat, serta tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku penerapan K3 perawat di RSU Syifa Medika Banjarbaru.
dc.title Hubungan Pengetahuan, Persepsi dan Sikap terhadap Perilaku Penerapan K3 (Studi Observasional Analitik pada Perawat di Rumah Sakit Umum Syifa Medika Banjarbaru) 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account