dc.contributor.author | Siti Rohana | |
dc.date.accessioned | 2023-09-21T08:13:10Z | |
dc.date.available | 2023-09-21T08:13:10Z | |
dc.identifier.uri | https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40722 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meneliti tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar berbantuan lembar kerja peserta didik pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Banjarmasin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar berbantuan lembar kerja peserta didik pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest, teknik observasi guru dan pengisian angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan menigkatnya hasil belajar peserta didik dari siklus I dan siklus II. Dari hasil tersebut maka model pembelajaran inkuiri terbimbing layak untuk diterapkan dikelas VII SMP pada materi Pencemaran Lingkungan | |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 6 BANJARMASIN |