Abstract:
ABSTRAK
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Karakter Peduli Lingkungan
Karakter peduli lingkungan sangat penting bagi sekolah karena memiliki dampak yang positif pada lingkungan sekitar dan juga pada kesejahteraan sosial. Budaya sekolah juga dapat membantu membentuk karakter peduli lingkungan siswa. Dengan melakukan kegiatan membersihkan lingkungan, siswa akan terbiasa untuk memperhatikan kondisi lingkungan dan memahami pentingnya menjaga kebersihan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kesadaran peserta didik dalam melakukan budaya sekolah terkhusus karakter peduli lingkungan dengan melakukan kegiatan jum'at bersih. Dalam penelitian ini kita akan mengetahui gambaran, pelaksanaan serta pengaruh budaya sekolah berwawasan lingkungan peserta didik di SMPN 23 Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, dan jumlah sampel sebanyak 246 siswa yang dipilih secara acak dengan teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran budaya sekolah yang ada di SMP Negeri 23 Banjarmasin berada pada kategori baik, demikian juga dengan pelaksanaan karakter peduli lingkungan siswa. Selain itu, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penerapan budaya sekolah berwawasan. lingkungan dengan karakter peduli lingkungan siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat dimasukkan ke dalam persamaan regresi, dengan thitung sebesar 12.585> Ttabel 1.967 dan probabilitas (sig) 0.000 0.05, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan kata lain, budaya sekolah berwawasan lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peduli lingkungan siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin.