dc.description.abstract |
Pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan penalaran logis, kritis, dan kreatif serta memberikan keterampilan untuk mampu memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada pokok bahasan persamaan linear dua variabel yang valid. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (prelimenary investigation), tahap desain (design), tahap realisasi/konstruksi (realization/construction), dan tahap evaluasi dan revisi (evaluation and revision) Pada penelitian ini tahap tes dan implementasi tidak dilakukan karena dalam masa pandemi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh 3 validator. Hasil uji validitas terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid karena diperoleh skor rata-rata yaitu 3,09. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi persamaan linear dua variabel yang valid. |
|