Repo Mhs ULM

ALAT BUKTI PETUNJUK DARI HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TINDAK PIDANA PENGEDAR NARKOBA (STUDI PUTUSAN NOMOR 188/PID.SUS/2018/PN.Tnr)

Show simple item record

dc.contributor.author Novi Yanti
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:21:37Z
dc.date.available 2023-09-21T08:21:37Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40796
dc.description.abstract ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan alat bukti petunjuk oleh hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pengedar narkoba, dan untuk mengetahui yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pengedar narkoba dalam Putusan Nomor 188/Pid.Sus/2018/PN.Tnr. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kasus. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Penerapan alat bukti petunjuk oleh hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pengedar narkotika sangat nampak dalam alat bukti petunjuk berupa perbuatan, kejadian atau keadaan, yang karena persesuaiannya, baik antara yang satu dengan yang lain, maupun dengan tindak pidana itu sendiri, menandakan bahwa telah terjadi suatu tindak pidana dan siapa pelakunya. Kedua, Dasar pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan pidana terhadap pengedar narkotika berdasarkan pertimbangan yuridis yaitu melihat dari peraturan per Undang-Undangan, surat dakwaan JPU, tuntutan JPU dan alat bukti (keterangan saksi, surat, petunjuk dan keterangan terdakwa), serta hal-hal yang dapat memperberat atau memperingan hukuman. Kata kunci: Pembuktian ,Alat bukti, petunjuk
dc.title ALAT BUKTI PETUNJUK DARI HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TINDAK PIDANA PENGEDAR NARKOBA (STUDI PUTUSAN NOMOR 188/PID.SUS/2018/PN.Tnr)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account