Abstract:
Sumberdaya perikanan darat seperti sungai, danau, waduk dan rawa merupakan
sumberdaya perikanan yang memiliki nilai ekonomi yang penting bagi
masyarakat. Kegiatan pemasaran tidak hanya soal produk, harga dan distribusi,
tapi juga mengkomunikasikan produk kepada masyarakat atau konsumen supaya
produk dapat dikenal dan akhirnya dibeli. Desa Mandikapau Barat merupakan
desa dengan penghasil budidaya perikanan jenis ikan nila, namun untuk
pemasaran pada usaha ini hanya dilakukan kepada pelanggan tetap sehingga
pemasarannya belum optimal dalam memperluas pangsa pasar. Penelitian ini
bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT untuk menciptakan strategi?strategi yang dapat digunakan oleh pembudidaya. Hasil penelitian menyimpulkan
bahwa kondisi usaha budidaya ikan nila di Desa Mandikapau Barat berada pada
kuadran I yang artinya memaksimalkan strategi kekuatan untuk memanfaatkan
peluang yang ada, maka strategi yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah
produksi ikan nila, memperluas pemasaran ikan nila, serta peran pemerintah
dengan memberikan dukungan dan investasi berupa modal untuk meningkatkan
usaha budidaya ikan nila di Desa Mandikapau Barat.