Repo Mhs ULM

HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN KARAKTER DEMOKRATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 17 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Nor Aisyah
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:26:27Z
dc.date.available 2023-09-21T08:26:27Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40838
dc.description.abstract Nor Aisyah, 2023. Hubungan Keteladanan Guru Dengan KarakterDemokratis Peserta Didik Di SMP Negeri 17. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah. Kata Kunci : Keteladanan Guru, Karakter Demokratis Permasalahan yang menyangkut karakter siswa. bahwa kondisi sebagian siswa SMPN 17 Banjarmasin memiliki karakter yang belum ideal. Hal ini terlihat dari fakta di lapangan sebagian siswa SMPN 17 Banjarmasin dilihat belum demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keteladanan guru dalam memberikan contoh sikap demokratis peserta didik di SMP Negeri 17 Banjarmasin (2) Mengetahui karakter demokratis peserta didik di SMP Negeri 17 Banjarmasin (3) Mengetahui hubungan sikap dan perilaku demokratis guru dengan karakter demokratis peserta didik di SMPN 17 Banjarmasin Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 17 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan berupa angket keteladanan guru danangket karakter demokratis. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas untuk persyaratan analisis uji mann whitney untuk pengujian hipotesis.pengolahan data menggunakan program spss versi 26. Hasil penelitian adalah: (1) Pengumpulan data melalui instrument angket untuk mengetahui keteladanan guru di SMP Negeri 17 Banjarmasin maka setelah dianalisis sebanyak 171 siswa yang menjadi sampel. (2) Diketahui karakter demokratis peserta didik sering toleransi terhadap perbedaan pendapat dan pandangan sebanyak 67%, peserta didik yang selalu karakter demokratis toleransi terhadap perbedaan 25%, dan peserta didik yang kadang-kadang karakter demokratis teloransi terhadap perbedaan pendapat sebanyak 7%, (3) Terdapat hubungan positif antara keteladanan guru dengan karakter demokratis, keteladanan guru yang menunjukkan sikap dan perilaku yang demokratis dapat memepengaruhi perkembangan karakter demokratis pada pesrta didik.
dc.title HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN KARAKTER DEMOKRATIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 17 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account