dc.description.abstract |
Nor Aisyah, 2023. Hubungan Keteladanan Guru Dengan KarakterDemokratis Peserta Didik Di SMP Negeri 17. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah.
Kata Kunci : Keteladanan Guru, Karakter Demokratis
Permasalahan yang menyangkut karakter siswa. bahwa kondisi sebagian siswa SMPN 17 Banjarmasin memiliki karakter yang belum ideal. Hal ini terlihat dari fakta di lapangan sebagian siswa SMPN 17 Banjarmasin dilihat belum demokratis.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keteladanan guru dalam memberikan contoh sikap demokratis peserta didik di SMP Negeri 17 Banjarmasin (2) Mengetahui karakter demokratis peserta didik di SMP Negeri 17 Banjarmasin (3) Mengetahui hubungan sikap dan perilaku demokratis guru dengan karakter demokratis peserta didik di SMPN 17 Banjarmasin
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 17 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan berupa angket keteladanan guru danangket karakter demokratis. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas untuk persyaratan analisis uji mann whitney untuk pengujian hipotesis.pengolahan data menggunakan program spss versi 26.
Hasil penelitian adalah: (1) Pengumpulan data melalui instrument angket untuk mengetahui keteladanan guru di SMP Negeri 17 Banjarmasin maka setelah dianalisis sebanyak 171 siswa yang menjadi sampel. (2) Diketahui karakter demokratis peserta didik sering toleransi terhadap perbedaan pendapat dan pandangan sebanyak 67%, peserta didik yang selalu karakter demokratis toleransi terhadap perbedaan 25%, dan peserta didik yang kadang-kadang karakter demokratis teloransi terhadap perbedaan pendapat sebanyak 7%, (3) Terdapat hubungan positif antara keteladanan guru dengan karakter demokratis, keteladanan guru yang menunjukkan sikap dan perilaku yang demokratis dapat memepengaruhi perkembangan karakter demokratis pada pesrta didik. |
|