Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Syah Alam. 1710414310038. 2023. Strategi Humas Dalam
Pencitraan Lembaga Kementrian Agama Kota Banjarmasin. Dibawah
bimbingan Yuanita Setyastuti dan Siswanto Rawali
Kementerian Agama memiliki tugas salah satunya untuk meningkatkan akses
pendidikan yang setara bagi masyarakat yang tidak mampu. Kementerian Agama
Kota Banjarmasin mengoptimalkan upaya pembangunan bidang agama,
meningkatkan citra lembaga, dan memperoleh dukungan serta partisipasi
masyarakat secara luas.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana strategi yang dijalankan
pada Lembaga Kementrian Agama Kota Banjarmasin dalam Pencitraan Positif
Lembaga. Dan Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pada
pelaksanaan strategi Humas Lembaga Kementrian Agama Kota Banjarmasin.
Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe Penelitian adalah
deskriptif. Teknik Pengumpulan Data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kementrian Agama Kota
Banjarmasin dalam meningkatkan citra lembaganya yakni dengan melakukan
strategi publikasi eksternal baik melalui media sosial Instagram, facebook, youtube
dan website, serta menggadeng media seperti televisi, radio dan surat kabar baik
milik pemerintah ataupun swasta. Dan Kementrian Agama Kota Banjarmasin
melakukan strategi publisitas internal yang dilakukan untuk membangun citra
positif baik dengan unit kerjanya maupun dengan masyarakat. Humas Kementrian
Agama Kota Banjarmasin juga mendapatkan dukungan oleh Lembaga termasuk
pimpinan baik fasilitas dan lainnya sehingga humas Kementrian Agama Kota
Banjarmasin dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Namun perlu adanya
peningkatan terkait Kerjasama baik internal maupun eksternal serta peningkatan
sumber daya manusia agar Kementrian Agama Kota Banjarmasin dapat terus
memberikan citra yang positif dimasyarakat.
Kata Kunci: Strategi, Humas, Citra, Publikasi Eksternal, Publikasi Internal.