Repo Mhs ULM

Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Anak usia 12-24 Bulan (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Pinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.author Zaliha
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:36:20Z
dc.date.available 2023-09-21T08:36:20Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/40921
dc.description.abstract Imunisasi merupakan program pemerintah yang memberikan kekebalan pada anak dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk mencegah, menjaga, dan meningkatkan sistem imun tubuh seseorang. Target keberhasilan program imunisasi dasar adalah tercapainya Universal Child Immunization (UCI) secara merata pada bayi di 100?sa. Berdasarkan cakupan imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Sungai Pinang menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, seluruh desa di wilayah kerjanya masih belum mencapai desa UCI. Pada tahun 2021 cakupan imunisasi dasar lengkap di Puskesmas Sungai Pinang masih rendah yaitu hanya mencapai 39%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara keterjangkauan pelayanan kesehatan, dukungan keluarga, peran petugas kesehatan, dan peran kader kesehaatan terhadap kelengkapan imunisasi dasar di wilayah kerja Puskesmas Sungai Pinang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 12-24 bulan di wilayah kerja Puskemas Sungai Pinang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 73 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara keterjangkauan pelayanan kesehatan (p-value=0,014), dukungan keluarga (p-value=0,000), dan peran petugas kesehatan (p-value=0,000) terhadap kelengkapan imunisasi dasar, serta tidak terdapat hubungan peran kader kesehatan (p-value=0,064) terhadap kelengkapan imunisasi dasar di wilayah kerja Puskesmas Sungai Pinang.
dc.title Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Anak usia 12-24 Bulan (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Pinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account