dc.description.abstract |
PT Angkasa Pura I yang sejak tahun 1992 mengelola Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Aktivitas dan layananan bisnis non aeronautika bandara yang dinamis menyebabkan operator bandara sebagai pengelola bandara terus berbenah agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghadapi lingkungan bisnis internal dan eksternal yang membawa pengaruh terhadap keberlangsungan perusaghaan, sehingga perusahaan dipaksa untuk menyiapkan strategi bisnis yang relevan dan tepat sasaran agar dapat terus bertahan dan berkembang di masa yang akan datang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis non aeronautika PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin yang didapatkan dari identifikasi kondisi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan menemukan formulasi strategi bisnis non aeronauitka di PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Identifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) didapatkan peneliti dari hasil wawancara mendalam (in depth interview) dengan para narasumber yang kredibel dan berpengalaman. Selain itu, analisis eksternal juga diperoleh dari analisa PESTLE pada lingkungan bisnis non aeronautika.
Hasil penelitian dari identifikasi dan analisa faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) diolah dengan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE). Rumusan hasil matriks IFE dan EFE didapatkan dari hasil matriks SWOT. Akhirnya setelah mengolah data memalui matriks-matriks tersebut didapatkan cara mengetahui strategi bisnis yang tepat untuk bisnis non aeronautika PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin dengan SPACE Strategy yang menginterpretasikan posisi perusahaan berada dalam kuadran koordinat kartesius. Penelitian ini menemukan bahwa bisnis nonn aeronautika PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin berada pada posisi kuadran I yang dapat menerapkan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan diversifikasi bisnis sejenis dan tidak sejenis.
Kata kunci : Non Aeronautika, PESTLE, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT, Matriks SPACE Strategy |
|