Abstract:
Tujuan analisis terhadap kinerja ruas jalan di sekitar SPBU Jalan Ahmad Yani KM 32,5 adalah untuk mempelajari dan memperoleh perbandingan kinerja ruas jalan terhadap pengaruh adanya antrian kendaraan di area SPBU serta area sebelum SPBU (tanpa antrian kendaraan). Teknik yang dilakukan dalam mengumpulkan data adalah dengan observasi dan survei langsung pada lokasi penelitian. Analisis regresi dan korelasi dilakukan menggunakan membuat persamaan hubungan dengan model Greenshield, Greenberg, Underwood, dan Bell. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan model yang paling relevan di antara keempat model persamaan tersebut. Berdasarkan hasil analisis, terdapat penurunan volume maksimum sebesar 1,862%, penurunan kecepatan maksimum sebesar 19,292%, dan kepadarannya meningkat sebesar 14,611% menggunakan model Greenshield. Kemudian untuk koefisien korelasi untuk model Greenshield adalah 0,9769 (sangat kuat) di area SPBU dan 0,9264 (sangat kuat) di area sebelum SPBU.