dc.description.abstract |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran iklan berbasis Powtoon dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Latar belakang penelitian adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi iklan karena kesulitan memahami dan menganggapnya tidak menarik. Peneliti menggunakan model pengembangan 4D, melalui tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif deskriptif dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak dengan tingkat kelayakan materi mencapai 82,72?n kategori "Sangat Layak", serta mendapatkan skor 75,38?ri validasi ahli media dengan kategori "Layak". Setelah penggunaan media pembelajaran, terjadi peningkatan minat belajar siswa dengan uji N-Gain sebesar 0,7 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan, media pembelajaran iklan berbasis Powtoon ini efektif meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: pengembangan, iklan, powtoon, dan minat belajar |
|