Repo Mhs ULM

PROFIL HEMATOLOGI TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN WISTAR KOLESTEROL TINGGI SETELAH PEMBERIAN MINYAK IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)

Show simple item record

dc.contributor.author Sri Hartinah
dc.date.accessioned 2023-09-21T08:55:58Z
dc.date.available 2023-09-21T08:55:58Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41091
dc.description.abstract Pemeriksaan hematologis merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi beberapa perubahan status kesehatan. Kolesterol tinggi adalah peningkatan kadar kolesterol total dalam plasma, penyakit ini dapat disebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat mulai dari pola makan yang tidak seimbang sampai kurangnya aktivitas olah raga. Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai kandungan lemak atau minyak yang tinggi dan tidak membahayakan bagi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji profil hematologi (Hemoglobin, eritrosit, hematokrit, trombosit, dan leukosit) Tikus putih (Rattus norvegicus) jantan wistar kolesterol tinggi setelah pemberian minyak ikan patin (Pangasius hypophthalmus). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan menggunakan 25 tikus putih jantan galur wistar yang dibagi ke dalam 5 perlakuan dan 5 pengulangan yaitu kontrol positif (atorvastatin 0,18 mg), kontrol negatif (Aquades), ekstrak minyak ikan patin (dosis 183 mg/KgBB, 366 mg/KgBB, dan 549 mg/KgBB). Data hasil penelitian profil hematologi setelah pemberian ekstrak minyak ikan patin dianalisis dengan SPSS, selain itu dibandingkan juga dengan kadar profil hematologi normal dari tikus putih menurut nilai baku. Hasil penelitian mendapatkan bahwa profil hematologi tikus putih jantan kolesterol tinggi setelah pemberian minyak ikan patin tidak mengalami perubahan secara signifikan namun, berdasarkan data nilai baku menunjukkan kecenderungan terhadap penurunan jumlah hemoglobin, eritrosit, hematokrit, dan trombosit juga meningkatkan nilai leukosit namun tetap mempertahankan jumlah MCV, MCH, MCHC tetap pada batas normal atau tidak mengalami peningkatan ataupun penurunan. kata kunci : Ekstrak minyak ikan patin, profil darah, kolesterol tinggi, tikus wistar
dc.title PROFIL HEMATOLOGI TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN WISTAR KOLESTEROL TINGGI SETELAH PEMBERIAN MINYAK IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account