Abstract:
Buku teks yang baik harus memiliki isi materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik dari segi standar kurikulum, isi, maupun dari segi mudah atau tidaknya dicerna oleh guru dan siswa. Buku teks harus menyajikan materi pelajaran sesuai dengan konsep yang benar. Kesalahan konsep bersifat permanen (tetap) dalam pemikiran siswa sehingga sulit untuk diubah. Penilaian buku teks Geografi perlu dilakukan untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks dengan standar kualitas yang telah ditentukan oleh BSKAP. Standar penilaian berdasarkan standar BSKAP meliputi standar isi, bahasa, penyajian, dan desain. Buku teks geografi terbitan Erlangga edisi Kurikulum Merdeka menjadi objek dalam penelitian ini karena sebagian besar guru geografi di Banjarmasin menggunakan buku teks terbitan Erlangga sebagai salah satu refrensi sumber belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesesuaian materi buku ajar Geografi SMA terbitan Erlangga untuk kelas X Semester 2 materi hidrosfer dengan standar Badan Standar, Kurikulum Merdeka, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Penelitian ini menggunakan teknik analisis konten deskriptif, melalui pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan memberikan skor pada setiap butir komponen, perhitungan persentase, menentukan kriteria kelayakan, dan mendeskripsikan hasil penilaian. Berdasarkan rekapitulasi hasil penilaian secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 81%, hasil penilaian tersebut termasuk kedalam kriteria layak. Berdasarkan hasil penilaian terdapat beberapa saran yang diberikan oleh guru. Saran tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan penulis buku dalam proses revisi atau perbaikan pada buku.
Kata kunci: Buku teks, Penilaian, Kelayakan, Standar BSKAP.