Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BAKAYUH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN BARAMBAI KOLAM KIRI 3

Show simple item record

dc.contributor.author Syarifah
dc.date.accessioned 2023-09-21T09:02:15Z
dc.date.available 2023-09-21T09:02:15Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41149
dc.description.abstract Permasalahan pada penelitian ini terletak pada rendahnya aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SDN Barambai Kolam Kiri 3 yang disebabkan oleh siswa kurang terlibat aktif , kerjas sama antar siswa tidak terjalin dengan baik, dan pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Upaya meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa menggunakan Model BAKAYUH. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan empat pertemuan. Subjek penelitian siswa Kelas V SDN Barambai Kolam Kiri 3 tahun ajaran 2022 /2023 berjumlah 20 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif melalui observasi aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabel dan grafik disajikan dengan persentase serta indikator keberhasilan dan Indikator ketuntusan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh 60% mencapai kriteria cukup baik, pertemuan 2 memperoleh 72,5% mencapai kriteria baik , pertemuan 3 memperoleh 82,5% mencapai kriteria baik dan pertemuan 4 memperoleh 92,5% mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 21%, pertemuan 2 memperoleh 42,86%, pertemuan 3 memperoleh 64,28?n pertemuan 4 memperoleh 85,71%. Keterampilan kolaborasi pada pertemuan 1 memperoleh 40%, pertemuan 2 memperoleh 53%, pertemuan 3 memperoleh 73%, pertemuan 4 memperoleh 93%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pertemuan pertama memperoleh 36%, pertemuan 2 memperoleh 71%, pertemuan 3 memperoleh 79%, dan pertemuan 4 memperoleh 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model BAKAYUH pada siswa kelas V SDN Barambai Kolam Kiri 3 dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, pada muatan IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BAKAYUH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN BARAMBAI KOLAM KIRI 3


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account