Abstract:
Media pembelajaran yang modern dan inovatif dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan pada media pembelajaran untuk menggabungkan sumber belajar adalah media pembelajaran interaktif berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi agregasi basis data dengan metode tutorial dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistika deskriptif. Uji coba media pembelajaran dilakukan di SMK Negeri 4 Banjarmasin, dengan subjek uji coba sebanyak 32 orang peserta didik kelas XI RPL dan 1 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi agregasi basis data dengan metode tutorial mengunakan teknologi HTML, CSS, Bootstrap, Javascript, MariaDB, PHP, AJAX, Firebase Realtime Database, 000webhost dan Netlify. Media pembelajaran dinyatakan valid ditinjau dari hasil validitas materi dan media, dinyatakan praktis ditinjau dari angket respon peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran serta keterlaksanaan RPP, dan dinyatakan efektif ditinjau dari data hasil belajar peserta didik yang memperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,73. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi agregasi basis data dengan metode tutorial layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan.