Abstract:
Lestyani, Karen Amalin (2023) Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Berpikir Kritis
Siswa serta Hasil Belajar dengan Menggunakan Model CERPEN Pada Materi
Bangun Ruang Kubus dan Balok di SDN Pasar Lama 1. Skripsi Program S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing :Akhmad Riandy Agusta, M. Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model CERPEN.
Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa belum terampil logis matematika,
kurang cermat dan teliti dalam menganalisis konsep, rasa ingin tahu rendah, tidak terbiasa
mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, hal ini berdampak pada
aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang rendah. Permasalahan lain adalah
siswa tidak tertarik dengan pembelajaran matematika, tidak memiliki semangat untuk
mengikuti proses pembelajaran, tidak antusias menemukan solusi permasalahan, tidak
mandiri, tidak percaya diri, konsentrasi rendah, tidak antusias dalam pembelajaran dan
memiliki minat yang rendah untuk menyelesaikan permasalahan matematika berdampak
pada motivasi siswa yang rendah. Permasalahan lain ditunjukkan dengan siswa belum
terampil melakukan penjelasan sederhana,menganalisis argumen yang disampaikan guru,
tidak terampil menemukan sumber ajar selain yang dibagikan oleh guru, belum mampu
untuk membuat kesimpulan secara deduksi dan induksi, belum mengidentifikasi asumsi,
dan belum terampil mengatur strategi untuk penyelesaian masalah matematika, hal ini
berdampak pada keterampilan berpikir kritis siswa yang rendah.
Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, belum menggunakan
media pembelajaran yang konkret dan menarik perhatian siswa, belum menerapkan
aktivitas pembelajaran yang bermakna seperti menganalisis permasalahan matematika
dan mencari solusi pemecahan masalah menggunakan konsep matematika yang tepat
dengan mengaitkan konsep matematika pada kehidupan sehari-hari, belum menerapkan
model pembelajaran yang fokus pada pengembangan setiap indikator keterampilan
berpikir kritis, belum terdapat kombinasi model pembelajaran yang dapat
membangkitkan motivasi siswa. Dampak apabila masalah ini tidak diatasi adalah siswa
menjadi pribadi yang pasif, tidak mampu menganalisis dan mengaitkan konsep-konsep
yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari, tidak terampil berpikir kritis di era revolusi
industri 4.0, menganggap matematika sebagai pembelajaran yang sulit dan membosankan
sehingga tidak tertarik mempelajarinya, serta tidak mampu memecahkan permasalahan
dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep matematika.
Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model
CERPEN dalam pembelajaran matematika. Model ini merupakan kombinasi dari model
pembelajaran Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, Number
Head Together, Example Non Example, dan Picture and Picture . Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar, aktivitas siswa, keterampilan
berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan
model pembelajaran CERPEN.
Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena bertujuan
untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi, aktivitas,
berpikir kritis dan hasil belajar melalui sebuah solusi yaitu model pembelajaran inovatif
CERPEN. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan menerapkan
seluruh tahapan PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
viii
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN Pasar Lama 1 yang berjumlah 26 orang
siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan, pada semester
II tahun ajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif diperoleh
melalui observasi aktivitas guru, motivasi siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan
berpikir kritis, kemudian menggunakan data kuantitatif yang diperoleh hasil belajar siswa
melalui teknik yang diperoleh tes tertulis secara individu dan kelompok. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis keterkaitan antar
aspek penelitian yang dijabarkan menggunakan tabel, grafik dan interpretasi dengan
persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
memperoleh skor 54, hasil ini selalu meningkat disetiap pertemuan hingga pertemuan
terakhir mencapai skor 60. Siswa yang memperoleh kriteria motivasi tinggi pada
pertemuan 1 dengan persentase 88%, hasil ini terus meningkat hingga pertemuan akhir
mencapai 100%. Siswa yang memperoleh kriteria sangat aktif pada aspek aktivitas siswa
pertemuan 1 dengan persentase 46%, hasil ini terus meningkat hingga pertemuan akhir
mencapai persentase 100%. Selanjutnya siswa yang memperoleh kriteria sangat terampil
pada aspek keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 dengan persentase 85%, hasil
ini terus meningkat disetiap pertemuannya hingga pada pertemuan terakhir mencapai
persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model CERPEN dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan keterampilan berpikir kritis
siswa dan hasil belajar siswa.