Abstract:
ABSTRAK
Termasuk pelayanan publik yang dilakukan aparatur pemerintah yaitu pelayanan masyarakat di bidang kesehatan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tingkat dasar di Indonesia melalui Puskesmas yang merupakan unit organisasi fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kotamadya dan diberi tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan bagi masyarakat tiap wilayah kecamatan dari Kabupaten/ Kotamadya bersangkutan. Data hasil survey kepuasan masyarakat di Puskesmas Guntung Manggis 78,88?n belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan yaitu 95%. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Poli Umum Puskesmas Guntung Manggis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien yang berkunjung ke Puskesmas Guntung Manggis tahun 2022 sebanyak 59.504 pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 73 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan kualitas pelayanan berdasarkan dimensi tangible (p-value=0,455) dan berdasarkan dimensi assurance (p-value=0,109) dengan tingkat kepuasan pasien, serta ada hubungan kualitas pelayanan berdasarkan dimensi reliability (p-value=0,009), berdasarkan dimensi responsiveness (p-value=0,010), berdasarkan dimensi emphaty (p-value=0,004) dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Guntung Manggis.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan, puskesmas