Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran ampalang ikan haruan pada POKLAHSAR Sari Alami Kelurahan Sungai Besar Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Kota Banjarbaru. Pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dokumentasi dan studi kasus. Jenis data bersifat data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah primer dan skunder. Lokasi penelitian ini menggunakan metode studi kasus, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis strategi pemasaran, dalam analisis strategi pemasaran terdapat terdapat analisis SWOT terdiri dari Pembobotan, Matriks SWOT dan Kuadran SWOT. Hasil analisis memperlihatkan bahwa hasil analisis strategi pemasaran didapatkan nilai y sebesar (0,15) dan x sebesar (0,5). Berdasarkan nilai y dan x didapatkan kuadran I kekuatan dan peluang (S-O), sehingga strategi yang digunakan adalah meningkatkan pengetahuan serta pengalaman kelompok pengolahah dan pemasar, memperluas pangsa pasar dan menjaga hubungan baik dengan konsumen.
Kata Kunci : Usaha Amplang Ikan Haruan, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT