Abstract:
Ahmad Riyadi, Kalakuan Bubuhan Cucu Kai: Dua Sisi Kehidupan Remaja Pemain Judi Slot Dalam Bermasyarakat (Pembimbing Arif Rahman Hakim, S.S, M.A).
Penelitian ini membahas tentang dua sisi kehidupan dari kelompok remaja pemain judi slot atau dikenal juga dengan sebutan Bubuhan Cucu Kai yang ada di Desa Telaga Silaba. Dua sisi kehidupan yang menjadi pembahasan pada penelitian ini berupa sisi positif dan sisi negatif dari Bubuhan Cucu Kai ini dalam mereka bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk melihat dua sisi kehidupan remaja pemain judi slot di Desa Telaga Silaba dalam bermasyarakat. (2) Untuk memperlihatkan gambaran di masyarakat bahwa remaja pemain judi slot masih mempunyai hal-hal positif di dalam kehidupan mereka.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data digunakan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian didapatkan kelompok remaja pemain judi slot atau Bubuhan Cucu Kai mempunyai dua sisi kehidupan yaitu sisi negatif dan positif. Sisi negatifnya mereka suka memainkan judi slot, menggunakan uang belanja sehari-hari untuk modal bermain judi, meminum alkohol dan nongkrong sampai pagi. Sedangkan sisi positifnya mereka suka membantu saat ada kegiatan di masyarakat seperti membantu acara perkawinan, membantu proses pemakaman warga yang meninggal dunia dan membantu acara peringatan Isra Mi’raj serta Maulid Nabi Muhammad SAW. Kesimpulan dari penelitian ini berupa perilaku negatif Bubuhan Cucu Kai didasari oleh perbedaan standar nilai serta norma dengan masyarakat secara dominan dan juga terdapat nilai-nilai sosial seperti nilai material, nilai vital serta nilai keindahan yang mendasari kelompok ini berperilaku negatif. Sedangkan perilaku positif Bubuhan Cucu Kai didasari oleh adanya beberapa nilai-nilai sosial yang mereka yakini seperti nilai material, nilai vital, nilai keagamaan dan nilai moral.
Kata Kunci: Remaja, Judi Slot, Perilaku Menyimpang, Nilai Sosial.