Abstract:
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk 1) Bagaimana saluran pemasaran pada usaha pengolahan Marga Jaya? dan 2) Menetapkan strategi pemasaran Stick Ebi. Menggunakan sumber data primer dan data sekunder . Sedangkan jenis data menggunakan Kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi . sempel lokasi penelitian dan responden ditentukan menggunakan metode purposive sampling . Analisis yang digunakan adalah saluran pemasaran dan strategi pemasaran . di dalam strategi menggunakan analisis SWOT , Pembobotan SWOT , matriks SWOT , dan Kuadrant SWOT . Hasil analisis yang didapat adalah sebagai berikut : 1) Marga Jaya memiliki 2 saluran pemasaran, saluran 1 dari produsen ke konsumen dengan presentase 15% sedangkan pola pemasaran 2 dari konsumen ke pedagang pengecer kemudian konsumen dengan presentase 85% . 2) Strategi yang diusulkan adalah sebagai berikut : a) membuat pembukuan produksi, b) meningkatkan promosi produk melalui media social , c) memperahankan harga jual produk, d) mempertahankan citra rasa produk, e) memperbaharui kemasan .
Kata Kunci: Usaha Pengolahan , Stick Ebi , Saluran Pemasaran , Strategi Pemasaran , dan SWOT