dc.description.abstract |
Amelia Rahmawati. Interaksi Sosial Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibimbing oleh Khairussalam dan Dimas Asto Aji An’amta).
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan dampak dari perubahan interaksi sosial dalam pembelajaran daring pada mahasiswa FISIP ULM. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di FISIP ULM yang beralamat Jln. Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat suatu pergolakan di dalam diri mahasiswa tentang perkuliahan daring. Ada sebuah penolakan dan penerimaan yang dilalui mahasiswa selama masa perkuliahan, dalam bentuk proses pembelajaran. Cara baru yang ditetapkan membuat mahasiswa harus selalu menyesuaikan diri dalam setiap keadaan. Rasa canggung yang meliputi diri mereka ketika perkuliahan luring kembali dilaksanakan menjadi sebuah penyesuaian baru yang lagi-lagi harus mereka hadapi. Metode hybrid yang dilaksanakan universitas untuk menanggulangi masalah terdampak covid-19 menimbulkan pengelompokan pada mahasiswa pada kategori yang merasa diuntungkan dan tidak diuntungkan. Mahasiswa yang merasa diuntungkan dipenuhi mahasiswa yang memiliki pekerjaan sampingan, dimana mereka merasa diuntungkan ketika kuliah online, karena mereka merasa lebih mudah untuk mengatur waktu. Mereka dapat bekerja sambil mengikuti kelas yang dilaksanakan via zoom di mana saja selama tidak harus menghidupkan kamera. Berbeda dengan golongan mahasiswa yang merasa tidak diuntungkan, Mereka yang berada pada kategori ini merasa perkuliahan secara daring membuat mereka kurang maksimal memahami materi dan secara sosial mereka merasa sangat dibatasi, hal ini membuat mereka kurang bisa mengekpresikan dirinya.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Mahasiswa, Interaksi Sosial. |
|