Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 25 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Ihsan Ramadhani
dc.date.accessioned 2023-09-21T09:54:56Z
dc.date.available 2023-09-21T09:54:56Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41639
dc.description.abstract Penelitian ini didasari dengan keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik, sehingga berdampak pada proses pembelajaran di kelas kurang efektif dan menyebabkan siswa bosan untuk membaca dan memahami pelajaran yang dismapaikan oleh guru. Video Animasi Pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu mengatasi permaslahan tersebut, terebih pada mata pelajaran IPS di kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin. Video animasi pembelajaran dikembangkan sedemikian rupa dengan model desain 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini bertujuannya untuk (1) mengetahui bagaimana proses pengembangan animasi video pembelajaran (2) menguji kelayakan pengembangan animasi video pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah: (1) Video pembelajaran animasi ini menunjukan kelayakan yang dibuktikan dengan persentase rata-rata dari validasi ahli media 3,9 ,hasil validasi ahli materi 3,3 ,dan hasil validasi ahli naskah & bahasa 3,1 yang ketiganya termasuk dalam kriteria "Layak". (2) Hasil persentase tahap uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 3,3 yang termasuk dalam kriteria "Layak". Dapat disimpulkan bahwa video animasi pembelajaran yang telah dikembangkan ini sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin. Kata kunci: Pengembangan, Video Animasi Pembelajaran, Model 4D
dc.title PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPN 25 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account