Repo Mhs ULM

PENERAPAN SMOTE UNTUK MENANGANI KETIDAKSEIMBANGAN KELAS DALAM KLASIFIKASI TINGKAT KEMUNGKINAN OBESITAS MENGGUNKAN EXTREME LEARNING MACHINE (ELM)

Show simple item record

dc.contributor.author Titin Supriyatin
dc.date.accessioned 2023-09-21T09:57:51Z
dc.date.available 2023-09-21T09:57:51Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41665
dc.description.abstract Berbagai macam penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan stroke, dapat muncul akibat dari obesitas. Oleh karena itu, penting adanya pengetahuan dalam kasus tingkat obesitas sehingga dapat dilakukan penanganan dini, caranya yaitu dengan teknik klasifikasi. ELM merupakan metode pembelajaran baru dari jaringan syaraf tiruan dengan single hidden layer atau biasa disebut single hidden layer feedforward neural network. Data obesitas yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data tidak seimbang, pada beberapa kasus hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil klasifikasi. SMOTE merupakan metode oversampling yang sudah terbukti dapat menangani data tidak seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh SMOTE dalam klasifikasi tingkat kemungkinan obesitas menggunakan ELM. Dari pegujian yang telah dilakukan didapatkan bahwa kinerja paling tinggi pada data tanpa penambahan SMOTE didapat pada jumlah 100 hidden neuron dengan akurasi 67?n AUC 0,81. Sedangkan untuk data dengan penambahan SMOTE diperoleh hasil paling tinggi pada 500 hidden neuron dengan akurasi 84?n AUC 0,93.
dc.title PENERAPAN SMOTE UNTUK MENANGANI KETIDAKSEIMBANGAN KELAS DALAM KLASIFIKASI TINGKAT KEMUNGKINAN OBESITAS MENGGUNKAN EXTREME LEARNING MACHINE (ELM)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account