Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn MODEL PRINTER PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNG PAGAR 3 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Maulana Ahmad Zailani
dc.date.accessioned 2023-09-21T09:58:08Z
dc.date.available 2023-09-21T09:58:08Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41670
dc.description.abstract Zailani, Maulana Ahmad. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Model Printer Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Picture and picture. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ialah pembelajaran belum terpusat pada siswa, aktivitas siswa yang masih rendah dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN TANJUNG PAGAR 3 Tahun Pelajaran 2023/2024, jumlah siswa sebanyak 33 orang. Teknik analisis diperoleh melalui observasi, dan data hasil belajar siswa didapat melalui evaluasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Cukup Baik” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Baik”. Aktivitas Siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 memperoleh 63.64?n meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Picture and picture dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Picture and picture dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn MODEL PRINTER PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNG PAGAR 3 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account