Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII DENGAN METODE TUTORIAL

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Yogi Setiawan
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:01:11Z
dc.date.available 2023-09-21T10:01:11Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41697
dc.description.abstract Media pembelajaran berbasis web dapat diakses melalui internet kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada materi Pola Bilangan dan menganalisis kelayakan media pembelajaran tersebut dengan 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution. Uji coba dilakukan di SMPN 13 Banjarmasin dengan 28 orang siswa pada bulan September 2022. Pengembangan ini menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, JSON, Firebase, Mathjax. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket validitas, angket respon, tes hasil belajar dan hasil analisis kelayakan. Hasil analisis kelayakan pada penelitian mengacu pada 3 kriteria yaitu vadilitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil validitas terbagi menjadi 2, yaitu materi dengan tingkat validitas sangat tinggi dan hasil validitas media dengan tingkat validitas sangat tinggi sehingga media tergolong valid. Hasil praktikalitas dperoleh dari hasil respon guru dan siswa yang positif sehingga media tergolong praktis. Hasil uji efektivitas diukur berdasarkan hasil tes belajar siswa dan telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis kelayakan tersebut, media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan mendapatkan kelayakan karena telah terpenuhi 3 kriteria tersebut.
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII DENGAN METODE TUTORIAL


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account