Repo Mhs ULM

Klasterisasi Data Wholesale Customers Menggunakan K-Means++ Clustering

Show simple item record

dc.contributor.author Erien Syarif
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:06:26Z
dc.date.available 2023-09-21T10:06:26Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41745
dc.description.abstract Segmentasi pelanggan merupakan proses pengelompokan pelanggan berdasarkan karakteristik dan perilaku pelanggan. Segmentasi dilakukan dengan menganalisis berbagai jenis informasi tentang pelanggan seperti demografis, geografis, dan perilaku. Manfaat segmentasi pelanggan, yaitu mempelajari dan memahami perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah klaster (k) optimal dari hasil klasterisasi dan menganalisis karakteristik pelanggan dari klaster yang terbentuk. Data yang digunakan adalah data Wholesale Customers yang didapatkan dari UCI Machine Learning Repository. Data tersebut berisi pengeluaran tahunan pelanggan dari distributor grosir untuk berbagai barang. Metode klasterisasi dalam penelitian ini menggunakan algoritma K-Means++ Clustering dan jumlah klaster (k) optimal didapatkan menggunakan metode Silhouette Coefficient. Hasil penelitian menunjukan bahwa k optimal yang didapatkan adalah k = 2 dengan nilai Silhouette Coefficient sebesar 0.7390. Penelitian ini menghasilkan 2 klaster, yaitu “Pelanggan dengan Pengeluaran Besar” dan “Pelanggan dengan Pengeluaran Kecil”. Jumlah pelanggan pada klaster 1 dan klaster 2 sebanyak 14 dan 426 pelanggan. Klaster 1 memiliki rata-rata pengeluaran lebih besar pada setiap atribut dibandingkan dengan klaster 2. Pengeluaran terbesar pada klaster 1 dan klaster 2 terdapat pada atribut Milk dengan rata-rata pengeluaran sebesar 33847.79 dan atribut Fresh dengan rata-rata pengeluaran sebesar 11531.44.
dc.title Klasterisasi Data Wholesale Customers Menggunakan K-Means++ Clustering


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account