Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis: 1) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja usaha kafe; 2) Kemampuan manajerial berpengaruh terhadap kinerja usaha kafe; dan 3) Social media marketing berpengaruh terhadap kinerja usaha kafe.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 39 responden yang merupakan pemilik sekaligus pengelola kafe di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Dalam menjelaskan hasil penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekskriptif dan SEM barbasis PLS dengan bantuan software SmartPLS4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Usaha sebesar 35.9%, (2) Kemampuan Manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Usaha sebesar 25,3%, (3) Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Usaha sebesar 42,3%.
Kata kunci: pengetahuan kewirausahaan, kemampuan manajerial, social media marketing, kinerja usaha