Abstract:
Rendahnya capaian pembelajaran peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1
Banjarmasin dalam mata pelajaran geografi salah satunya dilatarbelakangi karena
kurangnya penggunaan model pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru.
Berdasarkan hal ini, maka cara meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik
salah satunya dengan penerapan pedoman proses belajar model project based
learning. Pada penelitian, tujuan penerapan model project based learning iialah
untuk menilain keefektifan proses belajar dalam meninkatkan capaian belajar
peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jenis riset penelitian one group
pretest dan posttest. Populasi penelitian berupa peserta didik kelas XI dengan
jumlah 18 peserta didik. Temuan pada riset menunjukkan penerapan model project
based learning meningkatkan hasil pembelajaran. Hasil perhitungan uji-t sampel
berpasangan menunjukkan nilai (Sig.) sebesar 0.000 artinya nilai kurang dari 0.005.
Berdasarkan hal ini maka diketahui penerapan model project based learning efektif
menaikan capaian belajar peserta didik pada pelajaran geografi kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 Banajrmasin.
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran, Proyek, Project Based Learning,
Hasil Belajar