Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan nila
kekar pada usaha budidaya sistem KJA di Desa Sungai Landas Kecamatan Karang
Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan untuk melihat apakah usaha
tersebut efisien dan memiliki peluang yang potensial untuk dikembangkan. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis
efisiensi pemasaran ikan nila kekar yasitu menggunakan analisis margin
pemasaran, analisis farmer’s share, dan analisis peluang pasar. Hasil penelitian
menunjukkan nilai margin pemasaran rendah yaitu sebesar 20,68%, nilai farmer’s
share yang diterima oleh pembudidaya tinggi yaitu sebesar 82,8?n eluang pasar
ikan nila kekar di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan ada, yaitu sebesar 16.200
kg/bulan sehingga potensial untuk dikembangkan. Berdasarkan analisis margin
pemasaran, farmer’s share dan peluang pasar pada kegiatan pemasaran ikan nila
kekar usaha budidaya sistem KJA di Desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar adalah efisien.
Kata Kunci : Usaha Budidaya Sistem KJA, Ikan Nila Kekar, Efisiensi Pemasaran.