dc.description.abstract |
PENGEMBANGAN SOAL HOTS PADA MATERI GEOMETRI SEGIEMPAT
DAN SEGITIGA KONTEKS RUMAH BUBUNGAN TINGGI UNTUK SISWA
SMP KELAS VII (Oleh: Ahmad Nur Eko Eryanto; Pembimbing: Noor Fajriah,
Yuni Suryaningsih; 2022; 50 Halaman)
ABSTRAK
Budaya di lingkungan sekitar siswa merupakan salah satu sumber belajar geometri
yang dapat digunakan oleh guru. Rumah adat Bubungan Tinggi merupakan rumah
tradisional suku Banjar yang berangsur punah sehingga perlu diperkenalkan kepada
generasi muda untuk memupuk rasa cinta tanah air. Berdasarkan hal tersebut,
sehingga konteks rumah adat Bubungan Tinggi digunakan untuk mengembangkan
soal HOTS pada materi geometri. Penelitian ini menerapkan model pengembangan
yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dan Semmel yaitu model 4D, yang telah
dimodifikasi. Penelitian ini diawali dengan tahap define (pendefinisian), kemudian
tahap design (perancangan), hingga terakhir ialah tahap development
(pengembangan). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal HOTS pada
materi segiempat dan segitiga konteks Rumah Bubungan Tinggi untuk siswa SMP
kelas VII yang valid dan praktis. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi yang
dilakukan oleh 2 orang validator melalui lembar validasi dan 10 orang siswa kelas
VII SMPN 15 Banjarmasin yang memberikan respon mengenai soal yang
dikerjakan melalui lembar angket untuk menguji kepraktisan soal HOTS yang
dikembangkan. Kemudian, dilakukan analisis kuantitatif terhadap skor yang
diperoleh dari lembar validasi dan lembar angket. Hasil analisis menunjukkan
bahwa soal yang dikembangkan memiliki rata-rata skor 3,56 yang mana skor
tersebut memenuhi kriteria valid namun masih memerlukan perbaikan. Adapun
respon yang diberikan siswa diperoleh skor 68,05?ngan kriteria praktis.
Kata kunci: Bubungan Tinggi, geometri, pengembangan, soal |
|