dc.description.abstract |
ABSTRAK
EGI HAMSATUN KUBRA. NIM. 1910122220028. 2023, “Respon Peserta Didik SMKN Terhadap Penghapusan PJOK Kelas XII Dalam Kurikulum Di Kabupaten Banjar Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat.Dosen Pembimbing Utama: Dr. Rahmadi, S. Pd., M. Pd. Dosen pembimbing Pendamping: Dr. H. Syamsul Arifin, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Respon Peserta Didik Terhadap Penghapusan PJOK Kelas XII Dalam Kurikulum di Kabupaten Banjar Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan (PERDIRJEN) Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/KK/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) bahwa mata pelajaran PJOK di kelas XII ditiadakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan kuesioner yang disebar kepada peserta didik kelas XI dan XII SMKN se- Kabupaten Banjar tahun ajaran 2022/2023.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMKN se- Kabupaten Banjar yang berjumlah 4.612 peserta didik. Sebagai sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII SMKN se- Kabupaten Banjar yang berjumlah 3033 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.
Dari data hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukkan bahwa respon peserta didik SMKN terhadap penghapusan PJOK di Kabupaten Banjar kategori “Sangat Tidak Setuju” dengan nilai persentase sebesar 18,27% “Tidak Setuju” sebesar 73,52% “Setuju” sebesar 7,45?n “Sangat Setuju” 0,76%.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik SMKN terhadap penghapusan PJOK kelas XII dalam kurikulum di Kabupaten Banjar berada pada kategori “Tidak Setuju”. |
|