dc.description.abstract |
ABSTRAK
Muhammad Rizqi Perdana Amin. 2023. Sekolahku Berhbhineka Studi Kasus Integrasi Sosial Siswa Smpn 6 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Drs. H. Harpani Matnuh, M.H
Kata Kunci : Sekolahku Berbhinneka, Integrasi Sosial
SMP Negeri 6 Banjarmasin memiliki siswa yang beragam baik dari segi etnis, agama, status sosial maupun nilai kultural budaya yang berbeda satu sama lain. Kepala sekolah pertama tahun 1956 (Piet Then Toar, BA) mencanangkan program “Sekolahku Berbhinneka” dalam rangka mempersatukan kebhinnekaan siswa sejalan dengan sistem pendidikan nasional diperlukan sistem pendidikan demokrasi yang mengamanatkan pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan 1) Bentuk Program Pelaksanaan Sekolahku Berbhinneka di SMP Negeri 6 Banjarmasin. 2) Penerapan dari Semboyan Sekolahku Berbhinneka di SMP Negeri 6 Banjarmasin 3) Apa saja Faktor pendukung dari kelancaran berjalanny program Sekolahku Berbhinneka di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini di temukan bahwa : 1) Bentuk pelaksanaan dari program Sekolahku Berbhinneka ini dilakukan dengan tiga kegiatan yakni Intrakurikuler, ektrakurikuler, dan kokurikuler. 2) Bentuk penerapan budaya sekolahku berbhinneka ini di mulai dengan 3S ( Senyum, Sapa, dan Salam), menghormati budaya masing-masing siswa, melakukan kegiatan beragama, budaya. dan tidak luput juga peran dari seorang guru dalam menjelaskan makna sesungguhnya dari Berbhinneka tersebut dan juga penerapan dari budaya sekolahku berbhinneka ini di dukung baik oleh seluruh warga sekolah SMP Negeri 6 Banjarmasin., 3) Faktor pendukung dari kegiatan budaya semboyan Sekolahku Berbhinneka di SMPN 6 Banjarmasin, terdapat prasarana yang di sediakan oleh sekolah untuk mendukung berjalannya budaya semboyan yaitu adanya kelas-kelas agama untuk siswa agama non-muslim untuk belajar memperdalam agama mereka dan kelas ini juga di gunakan untuk tempat ibadah mereka.
Berdasarkan hasil penelitian kepada pihak sekolah disarankan program-program yang berkaitan dengan semboyan “Sekolahku berbhinneka” seperti program yang terdapat di Kokurikuler, Instrakurikuler dan Extrakurikuler agar lebih di kembangkan lagi untuk menyempurnakan pelaksanaan semboyan tersebut dan disarankan kepada guru bisa menyempurnakan lagi RPP nya agar bisa tersampaikan pesan dari semboyan Sekolahku Berbhinneka kepada siswa. |
|