Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran benih udang windu yang dihasilkan oleh pelaku usaha budidaya udang windu didesa Belingkar Atas Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Berdasarkan sumbernya data yang digunakan Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi (1) data primer Data Primer adalah jenis dan sumber data penelitian yang di peroleh secara langsung dari sumber pertama (tidak melalui perantara),baik individu maupun kelompok. Peneliti mengumpulkan data primer dengan metode survey dan juga metode observasi. (2) data sekunder yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti dari berbagai sumber yang telah ada (peneliti sebagai tangan kedua). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis saluran pemasaran dan margin pemasaran benih udang windu di desa Belingkar Atas yang bersifat deskriptif kualitatif untuk tujuan penelitian. Hasil analisis saluran pemasaran adalah Hatchery menjual benih udang windu kepada pengepul kemudian pengepul menjual menjual ke konsumen akhir atau pembudidaya. Hasil analisis margin pemasaran yaitu nilai margin pemasaran ini didapatkan dari selisih antara harga yang dibayarkan ke Hatchery sebesar Rp. 83.160.000 dengan harga ke konsumen akhir sebesar Rp. 110.880.000. Nilai tersebut menjelaskan bahwa konsumen akhir menerima harga yang tinggi dari harga yang diterima pengepul.
Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, budidaya udang windu didesa Belingkar Atas