Repo Mhs ULM

Strategi Komunikasi dalam Penanggulangan Banjir 2021 di Desa Bangkit Baru

Show simple item record

dc.contributor.author Syelva Addilanor
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:52:22Z
dc.date.available 2023-09-21T10:52:22Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42179
dc.description.abstract Syelva Addilanor. 1910414220025. 2023. Strategi Komunikasi dalam Penanggulangan Banjir 2021 di Desa Bangkit Baru. Di bawah bimbingan Yuanita Setyastuti. Instansi pemerintah dan swasta yang peduli terhadap korban bencana memerlukan informasi yang akurat untuk penanggulangan bencana. Korespondensi bencana tidak hanya diperlukan dalam keadaan krisis, tetapi pada saat yang sama juga penting dalam keadaan prabencana dan pascabencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bencana yang dilakukan oleh BPBD Barito Kuala pada penanggulangan banjir 2021 di Desa Bangkit Baru. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Informan utama dalam penelitian ini adalah BPBD Barito Kuala, dan informan pendukungnya adalah Warga serta Aparat Desa Bangkit Baru. Strategi pemilahan informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah menganalisis strategi komunikasi bencana yang dijalankan oleh BPBD Barito Kuala menggunakan 5 strategi komunikasi bencana sukses oleh Haddow & Haddow, yaitu customer focus, leadership commitment, inclusion of communications in planning and operations, situasional awareness, dan media partnership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD Barito Kuala belum menjalankan semua elemen strategi komunikasi bencana ini, sehingga banyak kendala yang dialami dalam penanggulangan banjir 2021 di Desa Bangkit Baru. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Bencana, BPBD, Penanggulangan Banjir.
dc.title Strategi Komunikasi dalam Penanggulangan Banjir 2021 di Desa Bangkit Baru


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account