Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi jamur dengan menggunakan metode video based learning untuk siswa kelas X, karena materi jamur menggunakan banyak istilah ilmiah dan sulit dipahami hanya dengan membaca buku. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi jamur dengan menggunakan hasil validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development dan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini diuji coba pada 35 siswa kelas X PIS 3 SMA Negeri 9 Banjarmasin. Untuk mengumpulkan data, digunakan beberapa teknik seperti angket validasi materi, angket validasi media, tanggapan siswa dan guru, lembar keterlaksanaan RPP, dan instrumen hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi jamur dengan metode video based learning. Penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran termasuk valid karena nilai validitas materi dan media dalam kategori sangat valid dan valid; (2) media pembelajaran termasuk praktis karena hasil tanggapan siswa dan guru menunjukkan kategori setuju dan sangat setuju, serta keterlaksanaan RPP termasuk kategori sangat baik; (3) media pembelajaran termasuk efektif karena mencapai ketuntasan klasikal. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi jamur dengan metode video based learning dianggap layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.