Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS IV SDN PANGERAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Siska Lefheya
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:57:39Z
dc.date.available 2023-09-21T10:57:39Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42229
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan siswa kuang aktif pada saat proses pembelajaran, siswa belum mampu berpikir kritis dan teliti, kurangnya interaksi antar siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung, dan siswa sering merasa bosan pada saat kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas IV SDN Pangeran 1 Banjarmasin muatan IPS. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example, dan Pair Check. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester ganjil SDN Pangeran 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknis tes tertulis secara individu. Analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan table, grafik dan interprestasi dengan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dapat dilaksanakan dengan baik hingga mencapai skor 88?ngan kriteria sangat Baik. Aktivitas siswa terlaksana hingga mencapai persentase 83?ngan kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif mencapai persentase 83?ngan kategori sangat baik,hasil belajar afektif mencapai persentase 90?ngan kategori sangat baik, hasil belajar psikomotorik mencapai persentase 83?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example, Dan Pair Check dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan untuk penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS IV SDN PANGERAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account