Repo Mhs ULM

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEMANGAT (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION, ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL, DAN CARD SORT) DI SDN KELAYAN TIMUR 2

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Khairul Cahyadi
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:58:46Z
dc.date.available 2023-09-21T10:58:46Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42239
dc.description.abstract ABTRAK Cahyadi, M. K. 2020. Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ppkn Materi Daerah Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Semangat (Student Team Achievement Division, Active Learning Tipe Role Reversal, Dan Card Sort) di SDN Kelayan Timur 2 Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Eka noor Chandra, M.Pd. Kata kunci: Media Gambar, Media Semi konkret, STAD, dan Role Reversal Learning.. Muatan PKN Daerah Tempat tinggalku penting untuk mengenalkan anak didik akan daerahnya masing-masing akan tetapi terdapat permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya semangat dan minat siswa dalam menjalani pembelajaran PPKN. Faktor yang menyebabkan ialah peserta didik merasa pembelajaran PPKN membosankan sehingga jarang ada siswa yang mengingat pelajaran sebelumnya. Hal ini membuat peserta didik pasif, kurang minat dan malas untuk mengikuti proses belajar mengajar. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Semangat (Student Team Achievement Division, Active Learning Tipe Role Reversal, Dan Card Sort Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangkitkan kembali semangat belajar anak didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun setting penelitian dilakukan di kelas 4 SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa 27 orang, 12 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan persentase penskoran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dari skor 32 menjadi skor 34 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran dari persentase klasikal 66% menjadi persentase klasikal 96?ngan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa dari 74% menjadi ketuntasan 100?ngan nilai rata-rata 96. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sub tema lingkungan tempat timggalku menggunakan kombinasi model Semangat (Student Team Achievement Division, Active Learning Tipe Role Reversal, Dan Card Sort) siswa kelas 4 SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin dapat meningkatkan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada muatan Pkn
dc.title UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEMANGAT (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION, ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL, DAN CARD SORT) DI SDN KELAYAN TIMUR 2


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account