Repo Mhs ULM

THE EFFECT OF TRUST, NEED FOR AROUSAL, AND MATERIALISM ON ONLINE IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR: COMPARISON OF TOKOPEDIA AND SHOPEE MARKETPLACES

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Dafa Rayyandi Aham
dc.date.accessioned 2023-09-21T10:59:26Z
dc.date.available 2023-09-21T10:59:26Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42242
dc.description.abstract Aham, Muhammad Dafa Rayyandi (2023). The Effect of Trust, Need for Arousal, And Materialism on Online Impulsive Buying Behavior: Comparison of Tokopedia and Shopee Marketplaces. Advisor: Laila Refiana Said. Wabah Covid-19 baru-baru ini telah meningkatkan transaksi online. Ada banyak penelitian tentang pembelian impulsif. Namun, studi terbatas menganalisis pembelian impulsif dalam belanja online, khususnya yang meneliti perbandingan antara dua pasar yang sangat kompetitif di Indonesia, yaitu Tokopedia dan Shopee. Penelitian ini mengusulkan kerangka kerja yang mengeksplorasi pengaruh Kepercayaan, Kebutuhan untuk Gairah, dan Materialisme pada Perilaku Pembelian Impulsif Online. Juga dianalisis apakah ada perbedaan antara pengguna Tokopedia dan Shopee terkait pembelian impulsif. Data empiris dikumpulkan dari 192 pengguna Tokopedia dan 192 pengguna Shopee—kuesioner dibagikan melalui Google Forms. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dan ANCOVA melalui program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Need for Arousal dan Materialism berpengaruh positif terhadap Online Impulsive Buying Behavior. Sebaliknya, Kepercayaan tidak mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif. Hasil ANCOVA tidak menemukan perbedaan antara pengguna Tokopedia dan Shopee. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga yang berkontribusi pada pengetahuan perilaku konsumen impulsif dan bisnis pasar online. Dengan mengkaji peran Kepercayaan, Kebutuhan akan Gairah, dan Materialisme, studi ini menyarankan strategi yang lebih efektif untuk mempromosikan pasar, khususnya dalam mengelola pembelian impulsif. Keywords: ANCOVA, impulsive buying, materialism, need for arousal, trust
dc.title THE EFFECT OF TRUST, NEED FOR AROUSAL, AND MATERIALISM ON ONLINE IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR: COMPARISON OF TOKOPEDIA AND SHOPEE MARKETPLACES


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account