dc.description.abstract |
Penelitian ini yang bermaksud untuk mengetahui persepsi wajib pajak terhadap kebijakan pemutihan pajak kenderaan bermotor di kantor UPPD SAMSAT Banjarmasin I serta berusaha untuk mengetahui kendala wajib pajak dan serta upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kantor UPPD SAMSAT Banjarmasin I.. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi dari wajib pajak adalah mereka bisa mendapatkan keuntungan atau manfaat dari kebijakan pemutihan pajak kedaraan bermotor berupa pengahapusan denda, diskon atau potongan Pajak, dan lainnya, sehingga hal ini dianggap persepsi yang bersifat positif sebab dapat memberikan rangsangan bagi wajib pajak tertunggak untuk segera mengurus pajak dan mendapatkan keringanan atau pengampunan atas pajak tertunggak mereka. Kendala penghambat wajib pajak dalam kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor yaitu jenjang pendidikan semakin rendah akan semakin menghambat kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor, keteledoran dari individu wajib pajak itu sendiri seperti lupa tanggal jatuh tempo membayar pajak kendraan bermotor, gender berjenis kelamin wanita yang tercatat sebagai wajib pajak memiliki kecendrungan lebih dominan sebagai wajib pajak yang kurang memiliki kesadaran atau kurang disiplin dalam membayar pajak kendaraan bermotor, kekurangan petugas kuantitas penyelesaian pelayanan dari pihak SAMSAT sehingga proses selesai tidak sesuai SOP slogan 15 menit selesai, tidak semua waib pajak mengerti kemajuan teknologi seperti E-SAMSAT.
Kata Kunci : Persepsi, Wajib Pajak, Kebijakan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor. |
|