Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah perubahan kurikulum merdeka yang baru diterapkan di kelas X SMAN 12 Banjarmasin ternyata tidak membuat motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn itu meningkat justru siswa motivasi belajarnya masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn yang menggunakan kurikulum merdeka dengan empat inidikator meliputi, faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa, tujuan belajar yang ingin dicapai oleh setiap masing-masing siswa, dan pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat pada motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan kurikulum merdeka di SMAN 12 Banjarmasin : (1) faktor penyebab rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal (2) tujuan belajar tidak dimiliki oleh semua siswa sehingga tidak semua siswa mampu meningkatkan motivasi belajarnya karena tidak memiliki tujuan yang ingin dicapai (3) lingkungan sekolah yang meliputi sarana dan dan prasarana, teknik mengajar guru dan media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penyebab rendahnya motivasi belajar PPKn siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal; siswa tidak memiliki tujuan belajar; dan sarana prasarana sekolah yang kurang mendukung. Disarankan kepada pihak sekolah agar bisa membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar PPKn dan pihak sekolah harus bisa memberikan solusi bagi guru untuk mampu meningkatkan proses pembelajaran PPKn menjadi lebih kreatif.