Repo Mhs ULM

PEMAHAMAN GURU PPKN TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN PPKN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA  (Studi Kasus Pernyataan dan Kenyataan Kinerja Guru)

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Irfansyah
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:14:29Z
dc.date.available 2023-09-21T11:14:29Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42384
dc.description.abstract ABSTRAK Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pemahaman Guru, Desain Pembelajaran. Kurang maksimalnya penerapan kurikulum oleh tenaga pendidik merupakan persoalan pendidikan yang selalu sama dari tahun ketahun, sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui realita dari pernyataan kinerja guru PPKn SMP Negeri 1 Alalak melalui indikator pemahaman terhadap perencanaan, pemahaman terhadap penerapan, dan pemahaman terhadap penilaian desain pembelajaran PPKn dalam Kurikulum Merdeka, sebagai bagian dari upaya untuk melihat sejauh mana penerapan kurikulum di satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, atau penelitian yang hasilnya berupa kata-kata, gambaran, dan tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau statistik, melainkan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, 1) observasi awal penelitian, 2) analisis potensi masalah, 3) penyusunan proposal, 4) pengumpulan data, 5) Analisis data yang terkumpul, dan 6) Pengujian keabsahan data. Dimana penelitian ini dilakukan terhadap tiga informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Guru PPKn. Hasil penelitian ini adalah, berdasarkan hasil wawancara terhadap tiga informan dapat diketahui bahwa pernyataan dari Ibu Husnusyaziah tentang pemahamannya terhadap perencanaan, penerapan, dan penilaian desain pembelajaran kurikulum merdeka dapat disimpulkan bahwa Ibu Husnusyaziah cukup memahami desain pembelajaran PPKn kurikulum merdeka secara mendasar (fundamental). Hal ini juga didukung dengan dokumen Penilaian Kinerga Guru yang peneliti lakukan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru PPKn dalam menjalankan tugasnya pada implementasi Kurikulum Merdeka, agar lebih banyak meningkatkan value atau nilai melalui peningkatan kapasitas kinerja guru. Peningkatan kapasitas yang dimaksud adalah, peningkatan pada pemahaman tentang desain pembelajaran PPKn yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
dc.title PEMAHAMAN GURU PPKN TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN PPKN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA  (Studi Kasus Pernyataan dan Kenyataan Kinerja Guru)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account