Repo Mhs ULM

Peran Ganda Perempuan yang Bekerja (Studi atas Perempuan yang Bekerja di Kantor Desa Tanah Habang Kanan Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan) 

Show simple item record

dc.contributor.author Norrahma
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:16:55Z
dc.date.available 2023-09-21T11:16:55Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42410
dc.description.abstract Abstrak. Seiring berkembangnya zaman, peran perempuan tak hanya di sektor domestik, namun telah merambah ke sektor publik karena mereka bekerja. Sebagai seorang istri, perempuan yang bekerja tentunya melakoni peran ganda. Di rumah, mereka menjalani peran sebagai istri. Ketika di luar, mereka menjalani peran sebagai wanita pekerja atau pencari nafkah. Tujuan penelitiandari ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran peran ganda perempuan yang bekerja, dan (2) kendala yang dialami oleh perempuan yang bekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih melalui purposive sampling, dengan empat informan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua peran yang dilakukan oleh perempuan yang bekerja, yakni peran di lingkungan kerja dan peran di lingkungan keluarga. Peran utama di lingkungan kerja berkaitan dengan jabatan yang diduduki, peran tambahan membantu mengerjakan pekerjaan lain. Adapun peran utama di lingkungan keluarga adalah mengasuh anak, membersihkan rumah, dan memasak. (2) kendala yang dialami oleh perempuan yang bekerja. Kendala di lingkungan kerja yakni meninggalkan pekerjaan karena urusan pribadi, karakter masyarakat yang beragam, serta pelayanan di luar jam kerja. Kendala di lingkungan keluarga yakni tugas-tugas dalam rumah tangga tidak tertangani dengan baik, serta berkurangnya waktu bersama keluarga.
dc.title Peran Ganda Perempuan yang Bekerja (Studi atas Perempuan yang Bekerja di Kantor Desa Tanah Habang Kanan Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan) 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account