Repo Mhs ULM

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PPKn TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, COURSE REVIEW HORAY, MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Al Fredi Stiawan
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:20:56Z
dc.date.available 2023-09-21T11:20:56Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42445
dc.description.abstract ABSTRAK Stiawan, Al Fredi, 2023.“UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PPKn TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, COURSE REVIEW HORAY, MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN” Skripsi Program s1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar,Problem Based Learning, ,Course Review Horay, Make A Match. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar pada muatan PPKn tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan, mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Course Review Horay, Make A Match. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin, berjumlah 17 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan, semester II tahun ajaran 2022/2023. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa kemudian data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru disetiap pertemuan mengalami peningkatan sehingga mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa disetiap pertemuan mengalami peningkatan sehingga mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 65% meningkat pada pertemuan 3 dengan ketuntasan klasikal 82%. Pembelajaran pada materi Keberagaman Sosial Budaya menggunakan model Problem Based Learning, Course Review Horay, Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.
dc.title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PPKn TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, COURSE REVIEW HORAY, MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account