dc.description.abstract |
Perkembangan zaman menuntut pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajar. Teknologi dapat dimanfaatkan oleh seorang guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika elektronik, salah satunya dengan pengembangan LKPD. Namun berdasarkan pengalaman PPL pembelajaran hanya memanfaatkan buku yang bersumber dari penerbit. Oleh karena itu peneliti mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangkan dan hasil kevalidan produk. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan model 4D adalah: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), (4) tahap penyebaran (disseminate). E-LKPD yang dikembangkan berbasis Problem Based Learing. Pada penelitian ini hanya sampai tahapan pengembangan (develop). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket penilaian validator dan data kualitatif berupa kritik dan saran validator terhadap produk yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas LKPD yang dirancang ditinjau dari segi kevalidan menunjukkan rata-rata 4,18 dari 5 dengan kategori valid dan dapat digunakan. Karena batasan penelitian ini sampai pada pengembangan LKPD yang valid, sehingga pada tahap development tidak dilakukan field testing. |
|