dc.description.abstract |
Masih rendahnya tingkat literasi sains siswa yang disebabkan kebiasaan pembelajaran IPA yang masih bersifat konvensional membuat pentingnya kehadiran sebuah media pembelajaran. Melihat pentingnya sebuah media maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran powtoon materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dengan lima tahapan, yaitu analysis, design, depelopment, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan materi, instrumen tes, dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V, persentase sebagai perhitungan skor respon siswa, serta skor N-gain sebagai perhitungan keefektifan media. Hasil penelitian ini diperoleh validitas dari para ahli media sebesar 0,72 dengan kategori valid serta memperoleh skor validitas dari para ahli materi sebesar 0,69 dengan kategori valid. Aspek kepraktisan mendapat skor 86?ngan kategori sangat praktis, aspek keefektifan mendapat skor 0,68 termasuk kedalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran powtoon layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP.
Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, literasi sains, powtoon |
|