Repo Mhs ULM

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET BERDASARKAN ASPEK INFERENCE

Show simple item record

dc.contributor.author Farah Aprila Kautsar
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:21:50Z
dc.date.available 2023-09-21T11:21:50Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42452
dc.description.abstract Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang membantu seseorang untuk menentukan suatu kesimpulan. Salah satu aspek dari berpikir kritis adalah aspek inference dengan indikator mempertanyakan fakta, membuat alternatif, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret berdasarkan aspek inference. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lima buah tes tertulis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi indikator mempertanyakan fakta pada lima soal yang diberikan; dan memenuhi indikator membuat alternatif dan menarik kesimpulan hanya pada tiga dari lima soal yang diberikan. Peserta didik dengan kemampuan matematika sedang memenuhi indikator mempertanyakan fakta, membuat alternatif, dan menarik kesimpulan pada lima soal yang diberikan. Peserta didik dengan kemampuan matematika rendah memenuhi indikator mempertanyakan fakta pada lima soal yang diberikan; dan memenuhi indikator membuat alternatif dan menarik kesimpulan hanya pada dua dari lima soal yang diberikan.
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET BERDASARKAN ASPEK INFERENCE


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account