dc.description.abstract |
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang membantu
seseorang untuk menentukan suatu kesimpulan. Salah satu aspek dari berpikir
kritis adalah aspek inference dengan indikator mempertanyakan fakta, membuat
alternatif, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan
masalah barisan dan deret berdasarkan aspek inference. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini
terdiri dari 3 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lima buah tes tertulis dan
pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi indikator
mempertanyakan fakta pada lima soal yang diberikan; dan memenuhi indikator
membuat alternatif dan menarik kesimpulan hanya pada tiga dari lima soal yang
diberikan. Peserta didik dengan kemampuan matematika sedang memenuhi indikator
mempertanyakan fakta, membuat alternatif, dan menarik kesimpulan pada lima
soal yang diberikan. Peserta didik dengan kemampuan matematika rendah
memenuhi indikator mempertanyakan fakta pada lima soal yang diberikan; dan
memenuhi indikator membuat alternatif dan menarik kesimpulan hanya pada dua
dari lima soal yang diberikan. |
|