Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODELPROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA KELAS 5 SDN TELUK DALAM 9 BANJARMASIN TENGAH

Show simple item record

dc.contributor.author Nisa Khaira Ummatin
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:22:17Z
dc.date.available 2023-09-21T11:22:17Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42460
dc.description.abstract Ummatin, Nisa Khaira. 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan TPACK Pada Kelas 5 SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning, TPACK. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, yaitu siswa belum mampu berpikir kritis dalam kemampuan menganalisis argumen, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, kemampuan memecahan masalah, dan kemampuan menarik kesimpulan. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yaitu melalui model Problem Based Learning dengan Pendekatan TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas 5 SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin Tengah. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis, serta dengan tes evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh persentase klasikal 100?ngan kriteria sangat aktif. Kemampuan berpikir kritis memperoleh persentase klasikal 100?ngan kriteria sangat tinggi. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa memperoleh 95,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran muatan IPA materi suhu dan kalor dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendeekatan TPACK dapat meningkatkan aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kelas 5 SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin Tengah.
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODELPROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA KELAS 5 SDN TELUK DALAM 9 BANJARMASIN TENGAH


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account