dc.description.abstract |
Musik kontemporer merupakan musik mengalirnya waktu dikarenakan musik ini selalu memiliki hal yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripisikan pembelajaran musik kontemporer dan hasil pembelajaran musik kontemporer siswa kelas XII di MAN 2 Kota Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MAN 2 Kota Banjarmasin Jl. Pramuka No.28 RT. 20, sungai Lulut, Kec. Banjarmasin Tim, Kota Banjarmasin. Proses pembelajaran musik kontemporer dilakukan dengan pembagian secara berkelompok. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat konsep musik kontemporer dan mempraktikannya. Alat musik yang digunakan adalah keyboard, botol, handphone, galon, dan lain-lain. diakhir pembelajaran guru memberikan evaluasi kepada siswa. Hasil pembelajaran musik kontemporer siswa mempunyai kemampuan untuk berpikir kreatif baik itu dari segi lagu maupun alat. Dengan adanya pembelajaran musik kontemporer merubah juga tingkah laku siswa menjadi inovatif, kreatif, dan kritis. |
|